5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM TOURING


Dok.Ikmal
  Berkendara menggunakan motor jarak jauh atau lebih dikenal dengan istilah touring di indonesia namun diluar Indonesia istilah touring digunakan pada juga mobil, motor, sepeda, dan lainnya. Adalah hal yang menyenangkan untuk sebagian orang yang menghobikan aktivitas satu ini karena dengan melakukan kegiatan ini seorang individu mendapatkan kepuasan tersendiri pada saat melakukannya. Berbagi pengalaman, cerita, serta pengetahuan yang dimilki dengan orang yang kita temui saat singgah di sebuah lokasi saat kita beristirahat maupun pada saat sudah sampai ditujuan. Kegiatan ini sering penulis lakukan sendiri kurang lebih 1 tahun 1 kali dari mulai penulis tamat SLTA karena penulis lihat ada banyak penggitannya di indonesia yang melakukan kegiatan ini, untuk motivasi penulis sendiri melakukan kegiatan ini adalah penulis ingin mengetahui secara langsung ada apa saja di dunia khususnya di Indonesia. Berikut ini point-point yang menurut penulis penting sebelum berpergian jauh:
  1. Surat-surat
    Surat-surat ini penting sekali seperti identitas diri, STNK(surat tanda nomor kendaraan) SIM(surat ijin mengemudi), harus dibawa dipastikan bahwa ketiganya masih berlaku dan sudah diperpanjang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita agar kita dalam saat kondisi yang tidak diinginkan dikenali oleh orang lain dan menambah percaya diri kita saat berkendara karena surat-surat penting yang harus dibawa ini sudah kita lengkapi.

  2. Kondisi
    Dok.Ikmal
            3 hal kondisi yang harus diperhatikan; pertama, kondisi tubuh anda harus dipastikan dalam keadaan sehat dan bugar sebelum melakukan perjalanan jauh, jangan sampai anda sedang sakit memaksakan diri untuk berpergian jauh menggunakan motor itu sangat berbahaya untuk diri sendiri dan berbahaya untuk orang lain; kedua, kondisi kendaraan bermotor yang akan anda gunakanpun harus anda perhatikan dari mulai mesin, body, kelistrikan, hingga kaki kaki motor seperti ban, shockbreaker, velg, dan lainnya. Pastikan semua berjalan dengan semestinya agar dalam melakukan perjalanan aman dan tidak ada kendala; ketiga, kondisi keuanganpun harus diperhatikan karena dalam perjalanan kita harus memenuhi bukan hanya memenuhi kebutuhan motor seperti bensin namun harus memenuhi kebutuhunan diri sendiri seperti minum, makan, sewa kamar/hotel, tiket masuk wisata, dan lain sebagainya yang akan kita temui selama perjalanan.

  3. Perlengkapan
          Perlengkapan yang harus dilengkapi pengguna motor sebelum berpergian jauh yakni helm(SNI), Jaket, sarung tangan, masker, sepatu, jas hujan, pakaian ganti, alat dokumentasi, alat komunikasi(HP/SmartPhone), GPS(bila diperlukan), sendal jepit, dan hal lain yang bisa menunjang menurut pengendara, seperti kunci-kuncipun penulis kira harus tetap dibawa untuk menjaga disaat kondisi-kondisi darurat.
  4.       Rute
    Dok.Ikmal
        Lakukan perencanaan harian seperti seberapa puluh atau ratus kilometer kita akan melakukan perjalanan juga kota-kota mana saja yang akan kita singgahi sehingga kita dalam perjalanan tidak bingung menentukan arah atau jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan. Yang lain tidak kalah penting adalah dimana kita akan beristirahat atau menginap, karena ada 2 tipikal pengendara yang saya ketahui; pertama, pengendara malam yang melakukan perjalanan hanya di malam hari saja untuk menuju tempat tujuan dengan berbagai alasan seperti tidak ingin kepanasan, menghindari kemacetan, dan lainnya. Tentu ini pun bukan berarti tidak ada resiko yang ada bisa saja hal-hal yang tidak diinginkan terjadi; kedua, pengendara siang hari yang melakukan perjalanan dari pagi hari hingga sore hari dan malamnya digunakan untuk melihat kota sekitar atau jalan-jalan dan beristirahat sejenak untuk melakukan perjalanan berikutnya menuju tempat tujuan.  


  5. Skill(Kemampuan)
         Kemampuan berkendara itu sudah menajadi basic utama pengendara sebelum melakukan perjalanan jauh, ada juga skill lain yang penulis rekomendasikan. Skill apa saja yang harus dimiliki sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan bermotor; pertama, kita harus bisa menguasi emosi diri sendiri agar pada saat perjalanan kita tidak begitu mudah terpancing oleh orang lain baik yang disengaja maupun tidak sengaja memancing emosi kita dengan tujuan tertentu; kedua, komunikasi yang baik juga diperlukan karena skill ini akan sangat berguna ketika kita singgah maupun ditempat tujuan untuk bisa berkomunikasi warga lokal perihal menanyakan jalan juga tempat-tempat yang direkomendasikan dari warga lokal yang bisa kita kunjungi; ketiga, memiliki kemampuan memperbaiki motor seperti kelistrikan, pengapian, dan masalah lain yang sering ditemui saat berkendara jauh. Skill inipun berguna untuk membantu pengendara lain ketika pengendara lain sedang dalam masalah motor yang digunakannya.
  6. Informasi
               Ini harus dipersiapkan dan dipahami dengan seksama informasi-informasi seperti kondisi jalan, cuaca, tempat penginapan, tempat wisata, makanan khas daerah, SPBU(stasiun pengisisan bahan bakar umum) dan budaya lokal yang akan kita lalui atau singgahi, perbanyaklah membanca referensi atau menambah pustaka pengetahuan anda agar anda paham dan mengerti ketika sudah berada di lokasi singgah atau tujuan. Dan informasi-informasi lainnya yang diperlukan pengendara.



    nah itu tadi point-point yang penulis coba untuk paparkan, jika ada point penting yang menurut pembaca juga perlu diketahui oleh pengendara sebelum berpergian jauh, pembaca bisa menuliskanya di kolom komentar dibawah.
    Mohon maaf apabila ada kekurangan dari tulisan ini, penulis sangat menerima kritik dan saran dari pembaca.
    terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

5 ALAT TRADISIONAL INDONESIA YANG MENDUNIA

Kesan dan pesan ikut sebuah organisasi

Lanjutan Sidang Akhir(FISIP UNPAS BANDUNG) 2020